Wednesday, 19 September 2012

REVIEW MOBILE COMPUTING PART 1


MENGENAL KONSEP OOP
(TUGAS REVIEW PERTEMUAN KE-2 MOBILE COMPUTING)
OOP (Object Oriented Programming) adalah sebuah konsep pemrograman yang mendasarkan bahwa unsur-unsur didalamnya berdasarkan objek-objek di dunia nyata.Jadi dapat dikatakan bahwa kita sedang membuat objek dalam sebuah program.Di Indonesia,OOP juga dikenal sebagai PBO(Pemrograman Berorientasi Objek).Di blog ini,yang akan saya bahas adalah OOP berbasis Java.Sebelum memulai pemrograman Java,alangkah baiknya kita belajar konsep-konsep dasar dalam pemrograman Java.
1.CLASS & OBJECT
Class dapat dianalogikakan sebagai sebuah kategori atau dunia(berdasarkan penafsiran saya sendiri).Misal,kita akan membuat dunia manusia.Maka di OOP,kita akan membuat ‘Class Manusia’.Sementara itu Object adalah bagian dari class.Karena Class yang telah dibuat tadi adalah manusia,maka Object yang akan dibuat adalah sesuatu yang lebih spesifik dari manusia.Kita misalkan Object tersebut adalah : Andi.
Jadi dalam contoh tersebut Manusia sebagai Class dan Andi sebagai Object.Berikut ini adalah contoh script Class di dalam Java:
Public class Manusia {
// Object method, atribut ,constructor
Public Manusia Andi = new Manusia ();

2.Method atau Behaviour
Method adalah perintah perintah yang ada di dalam suatu Class.Perintah tersebut bisa apa saja,misalkan perintah bernyanyi,membaca,atau berlari.Dari contoh sebelumnya kita ketahui bahwa Class adalah Manusia.Maka kita bisa memberikan perintah ,misalkan bernyanyi.
Apabila kita masukkan dalam Java,maka penulisannya sebagai berikut:
Public Class Manusia {
Public void bernyanyi() {
            System.out.println(“yeyeyeyeye”)
    }
}

3.Atribut dan Variabel
Atribut adalah informasi/data yang terdapat dalam suatu Class.Misalkan dalam Class Manusia,kita akan beri atribut tinggi badan,berat badan,umur,warna rambutdsb.Kita ambil salah satu,misalkan warna rambut.Berikut ini adalah contoh pendeklarasian atribut dalam Class:
Public Class Manusia {
            private String warnaRambut = “pirang”;int berat;
Public void bernyanyi() {
            System.out.println(“yeyeyeyeye”)
    }
}

4.Constructor
Pada dasarnya constructor adalah mirip dengan methode.Perbedaannya adalah constructor memiliki nama yang sama dengan class yang dibuat.Misalkan nama Class-nya Manusia,maka Constructornya juga manusia.Sebenarnya saat kita memanggil kelas,kita juga sedang membuat constructornya.Contoh dari constructor sebagai berikut:
Public class manusia {
            Public manusia () {
                        Tinggi=165;
            }
}
5.Package
Package adalah  kumpulan dari beberapa class.Fungsinya adalah untuk mengelompokkan
Contoh:
Public class manusia {
            Public static void main(String[]args){
}
}
6.Import
Import adalah fungsi di dalam java untuk mengambil class lain dari lokasi yang berbeda ke dalam suatu class.
Contoh: import.javax.microedition.lcdui.Image;
Public class manusia{
            Private Image gambarManusia;
}
7.Enkapsulasi
Enkapsulasi adalah proses menyembunyikan informasi atau membuat class menjadi private dan menyediakan akses variabel menggunakan public methode.Fungsi dari Enkapsulasi ini adalah mencegah data di dalam class diakses oleh data lain di luar class tersebut.
Class Encapsulation {
            private int secret;
            public boolean setSecret(int Secret) {
if  (Secret < 1 || secret > 100){
return false
}
This.secret = secret;
Return true;
}
Public int getSecret() {
Return Secret;
}
}
8.Class Abstrak
Class Abstrak adalah class yang menempati posisi tertinggi pada hirarki class,digunakan sebagai basis untuk penurunan kelas yang lain.
public abstrack MahlukHidup {
            pubic abstrack void makan();
}

9.Pewarisan
Pewarisan atau Inheritance di dalam java merupakan fungsi di java yang menyebabkan suatu class dapat memiliki class turunan.Class yang memiliki class turunan disebut sebagai parent class I atau base class sedangkan class turunannnya disebut sebagai child class.
Berikut ini salah satu contoh pewarisan di Java:
Manusia sebagai Base class,sedangkan Budi sebagai child class.
public class Manusia () {
            }
Public class Budi ()
{
}
10.Polimorfisme
Polimorfisme merupakan fungsi di dalam Java untuk menjadikan objek dalam suatu class dapat dibuat menjadi bentuk yang berbeda-beda.
Contoh :
Manusia budi = new manusia ();
Manusia budi = new Budi ();
Budi budi      =  new Budi ();
11.Interface
Interface adalah suatu class yang berisi method method yang tidak memiliki implementasi apa apa.
12.Modifier
Modifoer di Java berperan untuk melakukan packing pada object,sehingga kita dapat menetukan member mana saja yang dapat mengakses suatu objek.

private
default
protected
public
Class yang sama
yes
yes
yes
yes
Package yang sama

yes
yes
yes
Package yang berbeda(subclass)


yes
yes
Package yang berbeda(non-subclass)



yes

13.Overriding
Overriding terjadi apabila penggunaan method dari suatu parent class memiliki program srcipt method yang berbeda dari metode aslinya.
Berikut ini adalah contoh dari overriding:
class SuperClass {
void display (int n) {
system.out.println(“super” + n);
}
            }
Class SubClass extends SuperClass {
void display (int k) {
system.out.println(“super” + k);
}
            }

14.Overloading
Overloading terjadi apabila terdapat penggunaan method lebih dari satu dalam sebuah class dengan nama method yang sama tetapi memiliki perbedaan parameter.
Public class Manusia {
            Private String warnaKulit = “kuning langsat”;
Int berat;
Public Manusia(int berat){
            This.berat=berat;
}
Public Manusia(int berat , string warna){
            This .berat=berat;
            This.warnaKulit=warna;
}
            }

No comments:

Post a Comment